Loading
ATAS KUNJUNGANNYA SAYA UCAPKAN TERIMAKASIH.JANGAN LUPA YA UNTUK MENINGGALKAN PESAN DI BUKU TAMU

20 December 2012

Jumat,Akhir Kalender Suku Maya tapi Bukan Kiamat

Para ilmuwan kembali menegaskan berakhirnya kalender Suku Indian Maya merupakan awal dari sebuah musim baru di dunia, bukan kiamat.

Menurut kalender Suku Maya, dunia akan berakhir pada Jumat ini, 21 Desember 2012, seiring dengan
berakhirnya kalender tersebut. Banyak skenario kiamat yang diperkirakan, dari tabrakan asteroid dahsyat hingga badai matahari.

Sumber kecemasan adalah kalender hitungan panjang Maya, yang terdiri dari 13 bak’tun (atau siklus 144 ribu hari) berakhir pada tanggal tersebut. Menurut perhitungan Suku Maya kuno, ini akan menandai akhir dari sebuah siklus.

Tetapi yang menarik adalah suku Maya kuno sendiri tidak mengartikan akhir dari sebuah siklus adalah kiamat, seperti banyak dijelaskan ahli dalam sejarah Suku Maya. Sebaliknya, mereka lebih mengartikannya sebagai sebuah era atau musim baru di dunia yang perlu dirayakan.

Diwartakan LiveScience, para ilmuwan setuju bahwa kita tidak perlu takut pada tanggal 21 Desember. Tidak ada asteroid raksasa ataupun planet yang akan bertabrakan dengan bumi. Dan tidak ada alasan untuk berpikir tentang badai matahari besar yang mengancam peradaban.

Memang, matahari telah cukup tenang selama siklus aktivitas 11 tahun saat ini, yang dikenal sebagai Solar Cycle 24. Bumi memiliki lapisan yang dapat mencegah apapun yang matahari atau planet lainnya ‘lemparkan’.

Sementara itu, dalam situs resminya Badan Penerbangan dan Antariksa AS NASA mengatakan, “Planet kita baik-baik saja selama lebih dari empat miliar tahun, dan ilmuwan di seluruh dunia tahu tidak ada ancaman yang berhubungan dengan 2012.”

0 comments:

ATAS KUNJUNGANNYA SAYA UCAPKAN TERIMAKASIH.JANGAN LUPA YA UNTUK MENINGGALKAN PESAN DI BUKU TAMU